Penulisan Laporan
Karena, menulis laporan
itu bergantung pada kebutuhan, sehingga antara satu dengan laporan yang
lainnya berbeda-beda dan bervariasi. Misalnya laporan yang dibedakan
berdasarkan tujuan penulisnnya, yaitu; kertas kerja, artikel, skripsi (tugas
akhir kuliah), dan laporan.
Di dunia kerja, baik di
instanti pemerintah maupun instansi perusahaan, menulis laporan memgang kendali
penting dalam laju organisasi. Menulis laporan instansi ada yang butuh waktu
tertentu dan ada juga penulisan laporan membutuhkan orang ahli.
Misalnya perusahaan
tambang batu bara “X” ingin menulis laporan tentang Amdal/K3, karena tidak
mempunyai karyawan yang kompeten dalam penulisan laporan AMDAL/K3, maka pihak
perusahaan merekrut staf ahli untuk menulis laporan AMDAL/K3.
Menulis laporan yang
baik harus memuat beberapa kriteria, sehingga laporan yang kita tulis bisa
dinilai oleh pembaca. Bebarapa kriteria Laporan yang baik yang perlu diketahui
sebelum menulis laporan yaitu:
- Laporan ditulis secara tepat, jelas, dan dengan bahasa
yang baik dan benar.
- Dalam menulis laporan hendaknya disajikan informasi
yang jelas dan diperkuat dengan data dan fakta yang valid.
- Mencantumkan referensi/rujukan .
Komponen-Komponen Laporan
Sebagaimana menulis
makalah untuk tugas kuliah atau menulis tugas akhir, menulis laporan harus
dimulai dari pendahuluan, isi laporan, dan diakhiri dengan penutup.
1. Bagian
pendahuluan
Laporan yang ditulis
pada bagian pendahuluan memuat latar belakang dan gambaran umum laporan yang
akan disampakan. Hal-hal yang harus ada pada bagian pendahuluan sebelum Anda
menulis laporan adalah;
- Jelaskan latar belakang yang relevan dengan
permasalahan dan kemudian Anda paparkan secara jelas dan mudah
dipahami.
- Identifikasilah permasalahan-permasalahan yang akan
Anda
- Gambarkan betapa pentingnya laporan yang Anda buat
2. Bagian Isi
Sebelum menulis laporan
pada bagian isi, ketahuilah bahwa bagian isi biasanya memuat metode yang
digunakan, alat dan bahan, data-data autentik, dan bagian kahir dari bagian ini
adalah diskusi pembahasan. Kemukakan secara detail permasalahan yang Anda
laporkan sehingga pembaca laporan sangat mengerti laporan Anda.
3. Bagian
Penutup
Bagian penutup laporan
biasanya berisi kesimpulan dan saran. Pada bagian ini Anda harus dapat
meyakinkan kepada pembaca bahwa laporan yang Anda buat telah lengkap mulai dari
hulu sampai dengan hilir, mulai dari sampai dengan Z. Di bagian saran,
Anda diperkenankan untuk memberikan pendapat atau saran untuk laporan di masa
mendatang guna kesempurnaan laporan.
Selamat menulis laporan.
0 komentar:
Posting Komentar