Langkah Penulisan Laporan Yang Benar

Minggu, 21 Oktober 2012
Penulisan Laporan
Karena, menulis laporan itu bergantung pada kebutuhan, sehingga  antara satu dengan laporan yang lainnya berbeda-beda dan bervariasi. Misalnya laporan yang dibedakan berdasarkan tujuan penulisnnya, yaitu; kertas kerja, artikel, skripsi (tugas akhir kuliah), dan laporan.
Di dunia kerja, baik di instanti pemerintah maupun instansi perusahaan, menulis laporan memgang kendali penting dalam laju organisasi. Menulis laporan instansi ada yang butuh waktu tertentu dan ada juga penulisan laporan membutuhkan orang ahli.
Misalnya perusahaan tambang batu bara “X” ingin menulis laporan tentang Amdal/K3, karena tidak mempunyai karyawan yang kompeten dalam penulisan laporan AMDAL/K3, maka pihak perusahaan merekrut staf ahli untuk menulis laporan AMDAL/K3.
Menulis laporan yang baik harus memuat beberapa kriteria, sehingga laporan yang kita tulis bisa dinilai oleh pembaca. Bebarapa kriteria Laporan yang baik yang perlu diketahui sebelum menulis laporan yaitu:
  • Laporan ditulis secara tepat, jelas, dan dengan bahasa yang baik dan benar.
  • Dalam menulis laporan hendaknya disajikan informasi yang jelas dan diperkuat dengan data dan fakta yang valid.
  • Mencantumkan referensi/rujukan .
Komponen-Komponen Laporan
Sebagaimana menulis makalah untuk tugas kuliah atau menulis tugas akhir, menulis laporan harus dimulai dari pendahuluan, isi laporan, dan diakhiri dengan penutup.
1.  Bagian pendahuluan
Laporan yang ditulis pada bagian pendahuluan memuat latar belakang dan gambaran umum laporan yang akan disampakan. Hal-hal yang harus ada pada bagian pendahuluan sebelum Anda menulis laporan adalah;
  • Jelaskan latar belakang yang relevan dengan permasalahan dan kemudian Anda paparkan secara jelas  dan mudah dipahami.
  • Identifikasilah permasalahan-permasalahan yang akan Anda
  • Gambarkan betapa pentingnya laporan yang Anda buat
2.  Bagian Isi
Sebelum menulis laporan pada bagian isi, ketahuilah bahwa bagian isi biasanya memuat metode yang digunakan, alat dan bahan, data-data autentik, dan bagian kahir dari bagian ini adalah diskusi pembahasan. Kemukakan secara detail permasalahan yang Anda laporkan sehingga pembaca laporan sangat mengerti laporan Anda.
3.  Bagian Penutup 
Bagian penutup laporan biasanya berisi kesimpulan dan saran. Pada bagian ini Anda harus dapat meyakinkan kepada pembaca bahwa laporan yang Anda buat telah lengkap mulai dari hulu sampai dengan hilir, mulai dari sampai dengan Z. Di bagian saran, Anda diperkenankan untuk memberikan pendapat atau saran untuk laporan di masa mendatang guna kesempurnaan laporan.
Selamat menulis laporan.

0 komentar:

Posting Komentar